jayaaks169@gmail.com / wijayakurn@gmail.com

Grounding System

Grounding system adalah suatu sistem  yang berfungsi untuk mengalirkan arus petir kedalam bumi, Salah satu kegunaannya untuk melepas muatan arus petir. Standart kelayakan grounding/pembumian yaitu memiliki nilai resistansi maksimal 5 Ohm. Bahan materal untuk grounding yaitu tembaga. semakin luas permukaan material grounding, maka proses pengaliran arus petir makin baik karena resistansi lebih kecil.

Untuk mencapai nilai grounding tersebut, tidak semua areal bisa terpenuhi, karena ada beberapa aspek yang mempengaruhinya, yaitu :

1. Kadar air

2. Mineral/Garam

3. Derajat Keasaman

4. Tekstur tanah

Grounding system atau pembumian dapat di buat dengan 3 bentuk, diantaranya :

1.Single Grounding

Yaitu dengan menancapkan sebuah batang logam/pasak biasanya di pasang tegak lurus masuk kedalam tanah

2.Pararel Grounding

Bila sistem single grounding masih mendapatkan hasil kurang baik, maka perlu di tambahkan material logam arus pelepas ke dalam tanah yang jarak antara batang logam/material minimal 2

3.Maksimun Grounding

Yaitu dengan memasukan material grounding berupa lempengan tembaga yang diikat oleh kabel BC, serta dengan pergantian tanah galian di titik grounding tersebut.

Kami Wijaya Lightning Protection adalah Supllier untuk bermacam-macam kebutuhan kegiatan teknisi dan peralatan. Meliputi Tools, Main Rubber, Accesories, Lightning protection, Grounding System, Camera CCTV, Exothermic Welding, Electrical & Technical. Kami hadir sebagai partner sekaligus menjadi solusi Anda dalam penyediaan material dan teknisi-teknisi yang ahli dibidang nya, sehingga project dikerjakan secara proffesional dengan hasil pencapaian yang sangat memuaskan. Untuk informasi dan pemesanan bisa langsung hubungi kami.


comments